A. Pengertian dan Komponen Sistem Komputer
Definisi Komputer
Komputer berasal dari bahas latin yaitu computare = menghitung dan
bahasa Inggris to compute = alat menghitung
Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima suatu data yang
kemudian diolah lalu menghasilkan sebuah output.
Pengertian Komputer Menurut Para Ahli :
Menurut Hamache “komputer adalah mesin penghitung elektronik yang
cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai
dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa
informasi”
- Menurut Blissmer (1985) “Komputer adalah suatu alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
- Menerima input
- Memproses input tadi sesuai dengan programnya
- Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- Menyediakan output dalam bentuk informasi
- Menurut Fuori, “komputer adalah suatu pemroses data yang
dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika
dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.”
- Menurut Sanders (1985), “komputer adalah sistem elektronik
untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang
telah tersimpan di dalam memori.“
Definisi Sistem
Sistem berasal dari bahasa latin yaitu sistema dan bahasa
yunani sustema
Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen
yang dihubungkan bersama untuk memudahkan mendapatkan aliran informasi.
Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
- Menurut L. James Havery, “sistem adalah prosedur logis
dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu
dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam
usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.”
- Menurut John Mc Manama , “sistem adalah sebuah struktur
konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang
bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang
diinginkan secara efektif dan efesien.”
- Menurut J.C. Hinggins , “sistem adalah seperangkat
bagian-bagian yang saling berhubungan.”
- Menurut Jerry FithGerald , “sistem adalah suatu jaringan
kerja dari prosedur-prosedur yangsaling berhubungan, berkumpul bersama-sama
untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.”
- Menurut Edgar F Huse dan James L. Bowdict , “sistem
adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan
bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu
bagian akan mempengaruhi keseluruhan.”
- Menurut C.W. Churchman , “sistem adalah seperangkat
bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.” ((HildaSilvia,2011)
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri
dari perangkat lunak (software) dan perangkat
keras (hardware) yang melakukan tugas tertentu
(menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah,
dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula
diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas
dengan menggunakan komputer.(wikipedia1)
1. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak atau
peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk
data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh
komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.(wikipedia)
a. Jenis Software Atau Perangkat Lunak Komputer
Perangkat
Lunak atau Software dibagi menjadi dua kategori yaitu perangkat lunak sistem
dan perangkat lunak aplikasi.
- Perangkat
Lunak Atau Software Sistem (System Software)
Perangkat
Lunak Sistem adalah perangkat lunak atau software yang berhubungan langsung
dengan komponen perangkat keras komputer (Hardware), perawatan, maupun
pemrogramannya. Perangkat lunak sistem ada tiga macam yaitu sebagai berikut :
·
Sistem Operasi (Operating System)
Sistem
Operasi merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan
manajemen perangkat keras / Hardware serta operasi-operasi dasar sistem,
termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Komputer tidak dapat menjalankan
perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki sistem operasi di
dalamnya. contohnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, Novell Netware
yang menjalankan sistem operasi network berbasis DR-DOS, FreeBSE (SO turunan
UNIX), atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe.
Operating System |
Secara umum tugas-tugas
dari sistem operasi adalah sebagai berikut.
· Mengatur User interface, yaitu bagaimana
antara komputer dan pengguna bisa saling berinteraksi.
· Mengoordinasikan perangkat keras / hardware denga perangkat lunak
/ software yang terdapat pada komputer
· Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam memori.
· Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media
penyimpanan.
· Mengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain
·
Bahasa Pemrograman
Bahasa
pemrograman merupakan instruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode
yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan
instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman, dan
komputer akan menerjemahkannya.
Bedasarkan levelnya bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga kelompok yaitu sebagai berikut.
Bedasarkan levelnya bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga kelompok yaitu sebagai berikut.
1. Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin. Contoh
low level language adalah sebagai berikut.
2. Machine code, merupakan kode yang
disimpan dalam bentuk angka biner (0 dan 1) di mana angka biner tersebut
berfungsi menyimpan instruksi yang diperlukan oleh mesin.
3. Assembly code, merupakan kode untuk
mempresentasikan machine code ke dalam komputer. Assembly code ini akan diubah
menjadi machine code melalui bahasa assembler.
· Middle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah. Contoh
middle level language adalah bahasa C dan C++. Bahasa C dan C++ merupakan
compiler untuk membuat aplikasiinterfacing komputer maupun
microcontroller.
· High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi di mana struktur maupun
tata bahasa dalam penulisan program mudah dipahami oleh manusia. Contoh high
level language adalah sebagai berikut : Basic, Pascal,
FORTRAN, Download BBM Mod Apk, COBOL, dan Prolog
·
Utility Software
Utility
Software merupakan perangkat
lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam
sistem komputer. Seperti membantu pengoperasian mesin dalam komputer di
antaranya mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat (copy file),
membuat atau menghapus proteksi (keamanan) suatu sistem software, memperbaiki
bagian file pada disk yang rusak, menguji kebenaran kinerja dari komputer, dan
lain-lain.Contohnya : WinRar, Scandisk, Disk Defragmenter, Norton Ghost,
Tune Up Utilites, Advanced System Care, CC-Cleaner, dll.
Utility Software |
b. Perangkat
Lunak Atau Software Aplikasi (Application Software)
Perangkat
lunak aplikasi (application software) merupakan program yang dibuat
atau dirancang untuk menyelesaikan suat aplikasi tertentu. Selain perangkat
lunak sistem, sebuah komputer juga membutuhkan perangkat lunak aplikasi yang
berfungsi untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang membantu pengguna dalam
kegiatan sehari-hari. Pada Saat ini banyak perangkat lunak aplikasi yang tersedia dalam
bentuk paket-paket program. Progam ii banyak dibuat oleh perusahaan software
dan bisa dibeli bebas di toko-toko penjualan software. Program aplikasi ada
banyak macamnya yaitu saya kasih contoh : Microsoft Office Word, Software Desain Kaos dan Jaket, Excel, Power Point, CorelDraw Graphics Suite, Adobe Photoshop, AutoCAD, MYOB Accounting, Macromedia
Freehand, Microsoft Access, Internet Download Manager 6.19 Build 3 Terbaru 2014, Visual Basic, Microsoftt
Visual Foxpro, dll.
Application Software |
2. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer
(bahasa Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan
dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan
dibedakan dengan perangkat lunak
(software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat
keras / hardware sebagai
sub sistem komputer juga mempunyai komponen, yaitu :
- Komponen alat
masukan (input device)
- Komponen alat
pemroses (processing device)
- Komponen alat
keluaran (output device)
- Komponen alat
simpanan luar (storage)
- Komponen pendukung
- Alat
masukan (input device) : alat yg digunakan untuk menerima masukan yg dapat
berupa masukan data ataupun masukan program.
- Beberapa
alat masukan mempunyai fungsi ganda, yaitu : sbg alat masukan dan sekaligus sbg
alat keluaran (output) untuk menampilkan hasil.
- Alat
I/O demikian disebut : terminal
- Alat
masukan dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan yaitu :
· Keyboard
- Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.
- Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.
- Secara fisik, keyboard terbagi atas 5 bagian yaitu:
2. Keyboard PS/2 Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe
ini
harus
dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk
mouse.
3. Keyboard Wireless. Jenis
koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi
atau
bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu
sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau
serial pada
CPU.
4. Keyboard USB Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB
yang menjamin transfer data lebih cepat.
5. Keyboard virtual keyboard virtual adalah salah satu fitur untuk program
komputer atau
program itu sendiri yang dapat berperan virtual sebagai kontrol,
dengan beberapa tombol atau
Pointing Device
Yang termasuk dalam peralatan pointing device adalah :
1. Mouse : peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
2. Touch screen : layar monitor yang akan
mengaktifkan program bila
layarnya disentuh dengan tangan
3. Light pen : menyentuh layar monitor dengan pena. Posisi sentuhan di layar akan lebih tepat dan teliti
4. Digitizer graphic tablet : digunakan untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah titik di graphic tablet dengan alat yg menyerupai pen.
Scanner
Merupakan
alat perubah slide, foto
hitam
putih
maupun warna, teks, formulir, juga gambar desain bangunan menjadi data digital agar dapat
diolah lebih lanjut pada komputer.
Bagaimana benda-benda tersebut “dibaca,” tergantung tipe scanner yang digunakan.
1. Tipe
moving-scanner
2. Tipe
hand-scanner
3. Tipe
flat-bed scanner
Sensor
Merupakan alat yang mampu
secara langsung menangkap data kejadian fisik.
- Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan
dimasukan ke pengubah AD/C yang selanjutnya diproses oleh komputer.
- Camera Digital : salah
satu
sensor yang dipakai untuk menangkap object yg
selanjutnya diproses dengan komputer.
- Camera Recorder (Camcorder) :
sensor untuk
menangkap object yang bergerak.
Voice Recognizer
Biasa disebut :
Speech Recognizer yaitu alat untuk membuat komputer mengerti omongan manusia.
c. Komponen Alat
Keluaran (Output Device)
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 bentuk :
1. Tulisan (huruf,
kata, angka, karakter dan simbol2 khusus)
2. Image (grafik atau gambar)
3.
Suara (musik atau omongan)
Alat keluaran berbentuk
1. Hard copy device
Merupakan alat keluaran yg digunakan untuk mencetak tulisan, grafik atau gambar pada media
pencatak.
Alat hard copy device
yang umum dipergunakan adalah : printer, plotter
Jenis-jenis printer :
1. dot matrix
2. inkjet printer
3. laser
Plotter: alat cetak yang mempunyai kemampuan mencetak grafik atau gambar dengan baik, biasanya menggunakan pen
plotter
2.Soft copy device
Merupakan alat yg digunakan untuk menampilkan tulisan,
image dan suara pada media soft (lunak)
yg berupa sinyal elektronik.
Contoh soft copy device :
1. Monitor
- Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
- Monitor layar datar (Flat Panel Display)
Monitor
Layar Datar dan Monitor CRT
|
2. Speaker
d. Komponen
Alat Simpanan Luar (Storage)
External memory ataupun
external storage adalah
suatu
tempat
atau
sarana
yang bisa
digunakan
komputer
untuk
menyimpan
data ataupun
program. Dengan
demikian,
external memory mempunyai
fungsi
yang hampir
sama
dengan
internal memory. Hanya
bedanya,
internal memory terletak
didalam
CPU, external memory berada
diluar
CPU
Data-data yang tersimpan
didalam
external memory bersifat
tetap,
artinya
data tersebut
tidak
akan
hilang
walaupun
tidak
ada
listrik
yang mengalirinya.
Media yang digunakan
biasanya
merupakan
media magnetic
yang berfungsi
sebagai
tempat
penyimpanan
data dengan
guratan-guratan
magnetic
yang dimilikinya.
Jenis
external memory cukup
banyak yaitu
:
1. Hard Disk
Hardisk adalah media yang digunakan untuk menyimpan file
sistem dan data dalam
komputer. Yang sering digunakan, yaitu
1.ATA (Advance
Technology Attachment)
2.SATA
(Serial ATA)
3.SCSI (Small Computer
System Interface)
ATA dan SATA biasanya digunakan
untuk personal sedangkan SCSI digunakan untuk server
Hardisk |
2. Compact Disc (CD) & Digital
Versatile Disc (DVD)
Compact
disc adalah adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital.
Teknologi cakram padat kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpan data yang dikenal sebagai CD-ROM serta untuk media yang dapat
ditulis sekali maupun berulang-ulang CD-RW. Sedangkan media yang digunakan
untuk membaca dan menulis data pada CD dinamakan CD-R drive dan CD-R/W drive
Compact Disc |
DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
DVD juga berkembang menjadi DVD R dan DVD R/W Sedangkan media yang digunakan untuk membaca dan menulis data pada DVD dinamakan DVD-R drive dan DVD-R/W drive
Digital Versatile Disc |
3. Magnetic Tape
Magnetic tape merupakan media
penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk komputer jenis mini ataupun
mainframe. Terdapat dua jenis magnetic tape yang biasanya digunakan oleh
komputer. Jenis pertama mempunyai bentuk standart yang memiliki
lebar pita 1/2 " (12.7 mm). Magnetic tape terbuat dari plastik tipis
yang dilapisi magnetic pada permukaannya. Bentuk kedua adalah kaset ataupun catridge seperti halnya yang telah
kita kenal pada kaset yang terdapat di audio tape recorder
Magnetic Tape |
e. Komponen Pendukung
Komponen pendukung merupakan
komponen yang melengkapi kerja dari komputer.
Contohnya:
1.Motherboard
( mainboard )
Motherboard merupakan komponen
terpenting dalam PC. kerena sebagai
komponen
circuit board utama
yang menghubungkan
banyak
komponen
lain. Mulai
dari
CPU/processor, RAM, video card, harddisk,
dan
seterusnya
Jenis
dari
motherboard
ditentukan
berdasarkan
jenis
prosesor
yang digunakan
nantinya,
Kita dapat
melihat
dan
menentukan
prosesor
apa
yang dapat
digunakan
oleh
suatu
motherboard dengan
cara
melihat
kode
jenis
soketnya.
2.Power
supply
Secara
garis
besar,
power supply elektrik
dibagi
menjadi
dua
macam,
yaitu
1.Power
Supply Linier
2.Switching
Power Supply
Berdasarkan konektornya power supply dibagi 2 jenis AT (12 output) mempunyai 2 konektor dan ATX (20 output) mempunyai 1 konektor.
3.VGA
card dan Sound card
Kartu
VGA (Video Graphic Adapter) berguna
untuk
menerjemahkan
output (keluaran)
komputer
ke
monitor.
Tujuan
pemakaian
untuk
graphis
atau
game
Saat ini ada VGA dengan memori 16,
32 hingga 128 Megabyte
Yang sering dipakai : Nvidia
, Ati
Radeon dll
VGA Card |
Sound Card : Perangkat ini kurang lengkap jika tidak
ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang
telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card
Sound Card |
4. Case
- Case Standart
- Case Modifikasi
B. Sejarah Komputer
Generasi pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia
Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik
komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan
lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris
menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk
memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak
terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan.
Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer),
ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini
dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak
Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken
(1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil
memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran
panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500
mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I,
merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik
untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat
(ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan
kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan
aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa
kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat
oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of
Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta
titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang
mengonsumsi daya sebesar 160 kW.
Komputer ini dirancang oleh John
Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan
komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih
cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von
Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha
membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung
baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur
von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh
fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951,
UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand,
menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von
Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat
dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai
oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D.
Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang
berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri
lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang
membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor
sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam
komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para
pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat
komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk
laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan
yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan
cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di
Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy
Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua
menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa
yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan
komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di
pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang
sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang
dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam
disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer
pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada
tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi
kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam
komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas
kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat
itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan
kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang
lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk
memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan
(programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr peranti lunak
juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,
yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa
(quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)
pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah
piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian
berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal
yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan
mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan
sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.
Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen
dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI)
meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang
sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping
uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali
input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk
mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor
dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap peranti rumah tangga seperti microwave,
oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi
dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian
memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak
lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada
pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka
ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual
dengan paket peranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Peranti
lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan
spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian
konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan
penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan
sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981
menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC
digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari
komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh
dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena
memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan
peranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal
perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium
II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD
k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya
penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial
terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,
komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan
untuk saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat
saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan
komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan
suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local
Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang
menjadi sangat besar.
Generasi kelima
Mendefinisikan komputer generasi
kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh
imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000
masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah
terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu
meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi
mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh
lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian
manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekadar
menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain
komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi
kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan
paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan
digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja
secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat
mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah
negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk
merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,
namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi
kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
C. Kesimpulan
Sistem komputer terdiri dari dua
komponen penting yaitu: perangkat keras dan perangkat lunak. Dimana keduanya bekerja
sama untuk membentuk suatu sistem yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik.
Fungsi komputer yang mempermudah manusia dalam mengolah data semakin
berkembang, dibuktikan dengan adanya perbaikan sistem sehingga menambah tingkat
efisiensi waktu dalam pengolahan data.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR PUSTAKA
HildaSilvia, 2011 https://hildasilvia1892.wordpress.com/2011/11/18/bab-1-pengenalan-sistem-komputer-secara-umum/
Jembersantri, 2014 http://www.jembersantri.id/2014/08/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer.html
MuhammadSyahrani http://www.academia.edu/31825523/PENGENALAN_SISTEM_KOMPUTER
Wikipedia2 https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
Wikipedia3 https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
Wikipedia3 https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
TEKNIK INFORMATIKA S-1
Nama Anggota :
1. Aslam Kurnia Wijaya
(A11.2017.10098)
2. Devioletta Handayani
(A11.2017.10101)
3. Fatimah Tunnada
(A11.2017.10106)
Terimakasih informasinya, bermanfaat sekali
BalasHapus